Tune Up Utilities 2010



Tune Up Mempunyai beberapa bagian-bagian yang berfungsi:
1. Bagian Customize and Analyze

Pada bagian ini program TuneUp Utilities melakukan perbaikan pada system control, manager. Contoh saja, mereka yang ingin mempercepat dan membuang fungsi fungsi yang tidak perlu pada Windows XP seperti animasi, tip dan lainnya yang sebenarnya memudahkan bagi pemula tidak diperlukan lagi oleh seorang pemakai expert. Dan pada bagian inilah, langkah dari sistem operasi yang tidak perlu dapat dibuang. Misalnya membuang animasi, delay pada menu dan fade pada bar windows dihilangkan agar System Windows terlihat lebih cepat tanpa membuang waktu. Dibagian Custimize sebenarnya bisa dilakukan secara manual, hanya setting pada TuneUp Utilities jauh lebih teratur dan user mengetahui mana saja bagian yang tidak perlu diaktifkan.



Untuk TuneUp StartUp Manager, bagian ini dapat melihat task pada program yang disembuyikan oleh System Windows. Contohnya program driver yang akan tampil pada task bar terkadang tidak diperlukan ternyata tetap saja muncul. Pada bagian ini lah user dapat memilih mana saja yang sudah tidak lagi dipergunakan dan Windows tidak perlu melakukan loading pada program yang tidak digunakan lagi. Tidak itu saja, pemakai juga dapat menambahkan program seperti meletakan short cut program pada folder startup. Hanya pada StartUp Manager, program dapat diloading seperti melakukan loading driver. Hal ini membuat program yang dimasukan pada StartUp Manager menjadi prioritas untuk dijalankan lebih dahulu dari program yang diletakan pada StartUp Folder dengan short cut.

2. WinStyler

Adalah bagian untuk bongkar pasang Icon. Pada bagian ini user dapat menganti gambar Icon yang diinginkan dan menganti nama fungsi dari icon masing masing.
Pada bagian WinStyler terdapat komponen yang cukup penting dan menarik. Bila anda click pada bagian Appearance, maka terdapat setting untuk memperbesar maupun memperkecil ukuran icon. Setting ini sangat menarik, bila anda ingin memperkecil ukuran icon pada desktop karena layar anda yang terbatas, atau anda mengunakan layar berukuran besar dengan tingkat resolusi tinggi dan membutuhkan icon yang lebih besar juga. Pada setting ini juga dapat mengatur icon pada desktop agar lebih rapat. Tentu menarik bila rekan anda mencoba computer dan melihat icon pada desktop menjadi kecil dan rapat sambil menanyakan loh kok layar kamu resolusinya tinggi sekali. Padahal iconnya yang dirubah oleh program ini.
Bagian lain pada style ini adalah menganti tampilan depan layar ketika login windows

3. Bagian Clean up and Repair

Untuk TuneUp DiskCleanner adalah memfungsikan penghapusan sampah pada harddisks seperti sistem backup file, cache internet dan lainnya
Bagian TuneUp RegistryCleanner adalah bagian yang menarik. Bagian ini khusus untuk melakukan pemeriksaan file registry dari Windows dan membuang bagian yang tidak diperlukan. Terkadang sistem Windows meninggalkan begitu saja sampah dari install program dan TuneUp Utilities mencoba membersihkan sampah tersebut. Cara ini sama seperti mencari sampah atau melihat pada registry windows dengan menjalankan program Regedit. Tetapi TuneUp Utilities menjalankan secara otomatis dan membersihkan lebih cepat.

4. Optimize and Improve

Pertama adalah Tuneup memOptimizer, untuk mengosongkan memory dari sisa program yang telah diloading dan tidak diperlukan lagi. Program ini juga memberikan pilihan untuk dijalankan pada StartUp.
Kedua adalah TuneUp RegistryDefrag. Fungsinya menyusun urutan para registry seperti melakukan defrag harddisk.

5. TuneUp Undelete

Pada bagian terakhir dari program terdapat fungsi undelete file
Walaupun pada RecyleBin tidak mengaktifkan sistem backup ketika file terhapus tidak sengaja, dengan fungsi TuneUp Undelete dapat mengembalikan bagian file yang hilang. Pada bagian program ini juga dapat diketahui sebuah file yang telah dihapus dan mengembalikan file yang hilang. Tidak itu saja, program dapat diberikan option bila file yang terhapus hanya dicari yang masih dalam kondisi baik atau utuh, atau mencari file yang terhapus walaupun kondisinya sudah tertimpa oleh file lainnya.

download broo